Cara Memperbaiki Phonsel

Cara Service HP | Mahir Service HP | Cara Menggunakan Alat Service HP | Komponen HP

KOMPONEN HANDPHONE DAN FUNGSINYA

  1. RESISTOR ( Tahanan ) Simbol ( R ) satuan Ohm ( Ω )

    Resisitor pada Handphone berbeda dengan resistor pada Komponen Elektronik umum. Resistor ini tidak memiliki gelang warna yang menunjukan nilai hambatan. Resistor ini berfungsi sebagai penahan arus agar arus yang melewati resistor ini tidak melampaui batas. Namun fungsi Resistor pada umumnya adalah sebagai hambatan yang dapat menyesuaikan arus yang melewatinya. Karena tiap komponen membutukan arus yang besarnya berbeda-beda ( variatif ). Oleh karena itulah Resistor sangat berperan penting. Resistor yang besar juga biasanya terdapat pada jalur utama Tegangan Batere, Tegangan Charger pengisian pada jalur Supply tegangan untuk IC PA dan sebagainya.

  2. CAPASITOR (Kondensator) Simbol ( C ) Satuan farad (µ,η,ρ)

    Capasitor berfungsi sebagai penyimpanan arus juga penstabilan tegangan. Ada dua macam kapasitor yaitu:
    a. Capasitor Elektronik : Memiliki dua kutub yang berbeda yaitu Katoda ( - ) dan Anoda ( + ) dan pemasangannya pun tidak boleh terbalik polaritasnya / kutubnya.
    b.  Capasitor Keramik biasa : Tidak memiliki kutub yang berbeda seperti Capasitor Elektroda,. Pemasangannya pun boleh terbalik. Warnanya biasanya Coklat, atau abu-abu.

    Pada rangkaian Handphone biasanya kutub Katoda Capasitor dihubungkan Ground pada jalur power. Fungsinya sebagai penstabilan arus. Agar yang mengalir pada jalur tersebut stabil.

  3. DIODE (Dioda) Simbol (Q,D,V,N)

    Dioda berfungsi /sebagai penyearah arus pada rangkaian Handphone. Awalnya Arus Bolak-balik (AC/Alternating Current) atau Tegangan DC tidak murni setelah melewati dioda ini menjadi arus searah (DC/Direct Currert).
    Dioda juga memiliki polaritas/kutub yaitu Anoda(+) dan Katoda(-). Pemasanganya tidak boleh terbalik. Biasanya yang memiliki tanda garis putih adalah katoda(-).

    Ada juga Dioda yang dapat memancarkan cahaya yang disebut LED (Light Emitting Diode). Led ini berfungsi sebagai penerang LCD/Keypad/Signal lampu. Orang sering menyebut LED ini dengan sebutan lampu, karena dapat memancarkan cahaya. Hal ini boleh-boleh saja. Namun secara teknis, pengertian LED dan Lampu berbeda. Jika Lampu tidak memiliki polaritas, sedangkan LED memiliki polaritas dan pemasagannya tidak boleh terbalik. Jika terbalik tidak akan memancarkan cahaya, Malah menghambat arus yang masuk. LED biasanya berwarna hijau, kuning atau merah, Ada juga LED yg memiliki iluminasi. Yang lebih tinggi atau disebut super. Contohnya LED Super White, LED Super Blue. Dengan pancaran sinarnya yang melebihi LED biasa. Pada saat ini pergantian LED biasa dengan LED Super sedang trend Agar Handphone kelihatan lebih terang dan lebih gaya.

  4. TRANSISTOR Simbol ( Q,N,V )

    Transistor berfungsi secara karakteristik sama dengan dioda. Gabungan dua dioda bisa disebut Transistor. Fungsi Transistor banyak sekali pada rangkaian elektronika. Transistor sebagai saklar, sebagai penguat frekuensi, juga sebagai pencampur frekuensi. Biasanya Transistor pada rangkaian Handphone sudah dijadikan satu modul dalam bentuk IC. Transistor umumnya berwarna hitam dan memiliki tiga kaki yaitu Basis, Emitor, kolektor.

  5. COIL (Kumparan / Lilitan) Simbol ( L )

    Coil (spul) atau biasa disebut Lilitan terbagi menjadi macam-macam fungsi. Antara lain Coil sebagai penghubung yang berfungsi untuk menyambung jalur-jalur utama antara blok, gunanya untuk memudahkan pemeriksaan sewaktu-waktu diperlukan agar tiap blok terpisah. Lalu Coil untuk Loudspeker, Buzzer, Vibrator dan sebagainya.
    Berfungsi untuk memperbesar output suaranya. Kemudian ada Coil untuk Antenna dan juga Coil untuk trafo frekuensi menegah. Bentuk seluruh coil berbeda-berbeda. Namun fungsinya hampir sama. Coil tidak memiliki polaritas, jadi boleh dipasang terbalik.
    Bentuk Coil ada yang mirip Capasitor. Hanya warnanya saja yang Abu-abu agak kehitaman.

  6. Trafo IF (Trafo frekuensi Menegah) Simbol (T)

    Trafo ini digunakan untuk penguat frekuensi menegah pada bagaian RF. Melalui trafo ini gelombang HF yang diterima dapat ditangkap dan diperkuat oleh Trafo IF ini. Warna dari trafo ini umumnya putih dengan 5-6 kaki berbentuk kotak persegi.

  7. Filter RX/TX (Receiver / Transmitter) Simbol ( Z )

    Filter RX/TX ini hanya ada dibagian RF. Ada tiga jenis filter HF?IF ini. Yaitu HPF (High Pass Filter), LPF (Low Pass Filter), BPF (Band Pass Filter). Yang umum digunakan pada rangkaian Handphone adalah Filter BPF.
    Fungsi dari pada filter ini adalah untuk menyaring dan menyeleksi frekuensi yang ber-hak melewati filter ini adalah MHZ. tergantung resistansi filter tersebut.
    Contoh : HF BPF Filter 935-960 MHZ. berarti Filter tersebut Adalah Filter yang berfungsi untuk menyaring Frekuensi Tinggi yang masuk, agar setelah melewati filter tersebut, frekuensi yang diperbolehkan lewat adalah frekuensi dengan Bandwich 935-960 Mhz. frekuensi yang diatas atau dibawah itu tidak dapat lewat.
    Ada macam-macam jenis filter yaitu Filter pada jalur penerima disebut RX Filter. Sedangkan pada jalur pemanacar disebut TX Filter. dan dibagi Menjadi Filter GSM 900 Mhz (satelindo, Telkomsel, XL) atau Filter PCN/DCS 1800 Mhz (IM3). Ada juga filter 71 Mhz, dan sebagainya.

  8. Relai Switch

    Relai Switch ini biasanya terdapat pada Handphone yang memiliki flip. Bentuknya dua bagian kawat yang terbungkus tabung kaca, juga ada yang berbentuk Transistor. Relai Switch ini bekerja bila ada gaya medan magnet penggeraknya. Bila Relai ini Rusak/Short/Terhubung terus, bias jadi handphone memiliki gejala seperti mati total, LCD Blank, Keypad Hang dan sebagainya. Relai seperti ini biasanya ada di Handphone Ericsson, Motorola, Samsung dan sebagainya.

  9. VCO (Voltage Control Oscillator)

    VCO ada yang sudah terbentuk menjadi satu modul / blok. Ada pula yang masih berupa rangkaian pada PWB.
    Fungsi dari pada VCO ini pada Handphone adalah suatu Oscillator/pembangkit Gelombang Frekuensi lokal yang akan dikirim kepada IC IF Mixer. Oleh IC Mixer, Frekuensi tersebut akan dicampur dengan High Frekuensi yang datang dari Antenna pada jalur RX. Selisih Gelombang  kedua Frekuensi tersebut, Hasilnya akan dikirim ke IC Audio guna diolah lagi menjadi frekuensi suara yang dapat didengar oleh kita.
    Proses tersebut dinamakan Demodulation (Penurunan frekuensi). Sedangkan pada jalur TX Gelombang suara dari Microphone masuk ke IC Audio (IC ADC=Analog To Digital Converter), diolah menjadi frekuensi Data. Lalu masuk ke IC Mixer/IC IF. Gelombang VCO juga ikut masuk ke dalam IC Mixer. Penggabungan kedua frekuensi itu akhirnaya dikirim ke IC PA agar bisa transmit ke Antenna. Proses pada jalur TX ini dinamakan Modulation (Penaikkan frekuensi).

  10. Sleep Clock Crystal 32 Khz Simbol (B)

    Selain berfungsi untuk menampilkan jam pada display (Real Time Clock). Juga dapat berfungsi sebagai pembangakit frekuensi yang diperkuat terlebih dahulu oleh IC Power. Gejala yang timbul bila Crystal ini rusak adalah tampilan jam tidak dapat bergerak, handphone suka hang ataupun mati hidup sendiri, Signal tidak stabil, Sleep Clock yang diterima IC CPU tidak optimal sehingga kerja processor menjadi tidak stabil/lambat. Dengan kerja Processor yang tidak stabil itulah sehingga gejala-gejala diatas muncul.


  11. Main Clock System Crystal 13 Mhz Simbol (G)

    Crystal ini membangkitkan getaran frekuensi 13 Mhz untuk dikirim sebagai Main Clock System bagi CPU guna menjalankan tugasnya sebagai processor. Juga Crystal ini berfungsi sebagai Reference Frequency 13 Mhz untuk bagaian RF.Jika ada Crytal 26 Mhz maka Frekuensi 26 Mhz itu akan masuk dulu ke dalam IC IF Signal Processor untuk dibagi menjadi 2 (Divider System) sehingga terbentuk frekuensi 13 Mhz yang akhirnya akan dikirim ke CPU juga.
    Jika Crystal ini rusak / tidak bekerja sama sekali maka Handphone tidak akan dapat hidup. Karena IC CPU tidak akan bekerja jika tidak mendapat signal frekuensi 13 Mhz dari Main Crystal tersebut. Sedangkan jika Crystal ini nilainya melenceng 0,001 Mhz saja (Contoh : 13,001 Mhz) maka Handphone tidak akan dapat signal. Jika dapat pun maka signal yang tampil tidak akan stabil (naik-turun).

Macam IC yg terdapat pada Handphone

  1. IC Antenna Switch
    Antenna Switch ini pada handphone berfungsi sebagai pemisah jalur pada saat Transmit maupun pada saat Receive, dan Juga pemisah jalur untuk frekuensi 900/1800 Mhz (GSM/PCN).
    Pada Handphone Single Band hanya ada dua jalur RX atau TX. Sedangkan pada handphone Dual Band ada empat jalur yang digunakan yaitu RX GSM, RX PCN, TX GSM, TX PCN.
    Pemisahan jalur ini sangat penting agar bias dibedakan frekuensi-frekuensi nya Sehingga frekuensi tersebut tidak akan saling interference / bentrok, yang akan menggangu kestabilan signal pada Handphone.

  2. IC Power Amplifier / IC PA

    IC PA ini berfungsi untuk meningkatkan kekuatan frekuensi yang datang dari IC IF Signal Proccesor agar frekuensi tersebut dapat langsung keluar melewati Antenna menuju Radio Base Station (RBS) terdekat.
    Sehingga dari RBS tersebut dikirim ke Operator dan akhirnya dapat dikirim ke Handphone penerima (lawan bicara kita). Bila PA rusak maka signal yang muncul hanyanlah signal semu yang tidak dapat diperguanakan, karena signal mentok di input pin PA tidak dapat transmit keluar Antenna sehingga handphone tidak mendapat signal yang didapat tidak dapat transmit keluar antenna. Sehingga Handphone tidak mendapat signal.
    Kekuatan radiasi PA dapat dilihat dari terang/gelapnya Antenna lampu ataupun inti radiasi lampu yang ditempelkan di belakang casing dekat daerah PA. dan juga efek samping yang ditimbulkan oleh PA ini adalah Handphone menjadi mati total ataupun batere boros.
    Mengapa gejala ini bias terjadi ? hal ini disebabkan karena PA tersebut konslet/short. Yaitu antara kutub + dan Ground tegangan batere pada PA terhubun langsung. Sehingga Handphone tidak dapat bisa hidup.

  3. IC Central Processing Unit/IC CPU

    CPU adalah otaknya Handphone. CPU yang berfungsi sebagai processor yang mengatur segala kegiatan system kerja pada Handphone. CPU juga yang memerintahkan IC-IC lain untuk kerja (memberi signal data kepada IC lain). Jika IC CPU mati maka IC/Komponen lain juga tidak dapat bekerja, hal ini disebabkan karena tidak ada yang memerintahnya kerja. CPU ini tidak dapat bekerja bisa disebabkan banyak hal, antara lain :
    * CPU itu sendiri sudah rusak.
    * Jalur pada CPU putus.
    * CPU tidak mendapat tegangan kerja dari IC Power. (Vcore)
    * CPU tidak mendapat frekuensi system 13 Mhz, dan 32 Khz dari Crystal.
    * IC Memory Datanya error. CPU bekerja berdasarkan data yang ada pada IC Memory. Jika tidak ada data yang bisa diambil maka CPU tidak dapat bekerja.
    * Dan sebagainya.

  4. IC Memory

    IC Memory pada Handphone terdiri dari tiga bagian yaitu :

    • IC RAM (Random Access Memory) : Berisi data-data vital yang berhubungan dengan type Handphone tersebut.

      IC EEPROM (Electronic Erasable Programmable Memory) : Berisi data-data vital Handphone, terutama yang menyangkut No. IMEI Handphone tersebut. IC EEPROM ini dapat diubah/diprogram melalui software yang tersedia untuk masing-masing type HP.

    • IC FLASH : Berisi data-data software Handphone. Misalnya type HP Versi, tahun pembuatan, isi menu, bahasa, nada dering, logo, dan sebagainya.

    Dibagi menjadi MCU(Master Control Unit) dan PPM(Post -Programmable Memory)- Umumnya yang diubah adalah bagian PPM. Data pada IC Flash ini dengan mudah dapat di upgrade/di ubah melalui software yang tersedia untuk type-HP yang bersangkutan dengan media kabel data.

  5. IC Regulator Power Supply / IC Power

    IC Power pada Handphone berfungsi untuk membagikan tegangan batere yang masuk untuk didistribusikan/disaslurkan kepada tiap-tiap komponen yang memerlukannya. Bila IC power ini rusak maka Handphone jelas mati total. Namun jika ada jalur yg terputus, misalnya.jalur power untuk bagian RF. Maka kemungkinan Handphone tidak akan mendapatkan signal yang disebabkan oleh IC Power. jika jalur power untuk Buzzer putus, maka Handphone tidak akan mengeluarkan nada dering.
    jadi kegunaan IC Power itu sangat vital dalam rangkaian suatu Handphone.

  6. IC Audio

    IC Audio ini berfungsi sebagai pengubah frekuensi data yang dikirim dari bagian RF, diolah di IC Audio sehingga menjadi frekuensi suara yang keluar melalui speaker. Proses ini disebut DAC ( Digital to Analog Converter). Sedangkan kebalikannya/juga berfungsi mengubah frekuensi suara menjadi frekuensi data yarg akan dikirim ke bagian RF. Proses ini disebut ADC ( Analog to Digital Converter). Bila IC Audio ini rusak ataupun jalumya putus. Maka tidak akan ada suara yang keluar. Dan juga jika jalur RX/TX terganggu, maka akan mengakibatkan hilangnya signal, juga dapat mengakibatkan Contact Service pada Handphone. Jika Speaker/Microphone setelah diukur hasilnya bagus, tapi tidak ada suara yang keluar, kemungkinan besar hal ini disebabkan dari IC Audio ini.

  7. IC Signal Processor ( IC RF/IF )

    IC IF ini adalah IC yang terdapat pada bagian RF Fungsinya sebagai mixer yaitu tempat pencampuran signal frekuensi tinggi dengan signal yang dikeluarkan oleh VCO. Juga fungsi sebagai pengubah frekuensi tinggi menjadi frekuensi menengah / frekuensi data. Dan juga dapat mengolah frekuensi dari Crystal Oscillation untuk dikirim keCPU

Berbagai Macam Keluhan Pada HandPhon

  1. Tidak Ada Signal
    Penyebab Switch antena rusak, bisa karena hp sering berganti cashing dan ceroboh saat memasangnya, sehingga posisi cashingkurang tepat dan merusak komponen switch antena. Kerusakan pada switch antena akan menyebabkan ponsel "searching" terus-menerus dan menyebabkan gangguan sinyal pada hp
    .Switch antena yang rusak menyebabkan hp tidak dapat menerima dan mentransmisikan sinyal ke Base Transciever Station (BTS) sehingga tidak dapat masuk ke dalam jaringan operator. Kerusakan ini berhubungan dengan IC PA, RF Filter (RF IF), RF Processor (IF IC), dan switch antena. Pasalnya, keempat IC ini terkait langsung dalam proses penerimaan dan pemancaran sinyal.
    Solusi

    • Cek komponen PA, RF IF, IF IC, dan switch antena.

    • Panaskan solderan timah pada komponen-komponen tersebut dengan menggunakan bot air. Secara otomatis kaki-kaki komponen tersebut akan rapi kembali dengan sendirinya. Atur suhu dan tekanan angin agar seimbang dibantu dengan cairan songka agar komponen tidak pecah. Lakukan langkah ini selama 1-2 menit.

    • Bersihkan komponen yang telah dipanaskan dan terkena cairan songka dengan menggunakan cairan IPA.

    • Uji ulang, apakah operasional sinyal sudah normal kembali. Caranya, hidupkan ponsel, perhatikan apakah indikator sinyal sudah muncul kembali.

    • Ganti dengan komponen baru jika sinyal masih belum muncul saat diuji ulang.

  2. Kerusakan pada LCD

    +LCD Blank
    Liquid Colour Display (LCD) termasuk bagian yang paling sering mengalami kerusakan. Kerusakan yang umum terjadi pada LCD (layar hp) antara lain tidak dapat menampilkan teks dan gambar. Kondisi ini dikenal dengan istilah "blank".
    Penyebab
            LCD blank disebabkan oleh data yang berasal dari CPU tidak dapat ditampilkan (ter-display) pada layar hp. Ini dapat disebabkan oleh korosi (karat), sehingga jalur arus data dari CPU ke LCD terputus. Korosi biasanya disebabkan adanya cairan yang masuk ke dalam komponen hp. Meskipun LCD blank, bukan berarti LCD rusak atau mati total. Ini disebabkan masih terdapatnya tegangan arus yang mengalir. Kemungkinan lain yang juga dapat terjadi adalah kabel flexibel putus, konektor patah, rubber sobek, atau ketiganya kotor.
    Solusi

    • Periksa kabel fleksibel, konektor, dan rubber. Jika ketiganya kotor segera bersihkan dengan menggunakan cairan IPA. Gangguan kotoran dapat menyebabkan kabel fleksibel, konektor, dan rubber tidak dapat terkoneksi dengan sempurna sehingga tidak dapat menampilkan gambar ke LCD.

    • Bila yang terjadi adalah kabel fleksibel putus, konektor patah, atau rubber sobek, komponen-komponen tersebut harus diganti.

    • Periksa blok LCD dengan menggunakan multitester, apakah ada tegangan atau tidak. Jika tegangan mencapai 4,8 volt berarti LCD masih dalam keadaan baik.


    +LCD Pecah
    Penyebab
    Biasanya akibat hp terjatuh atau mengalami benturan cukup keras sehingga menyebabkan layar LCD pecah dan cairan di dalamnya keluar. Bila ini terjadi, tidak ada cara lain yang dapat dilakukan selain harus mengganti LCD dengan yang baru.
    Solusi

    • Copot LCD yang pecah ganti dengan LCD baru.
      Membongkar dan memasang LCD harus ekstra hati-hati. Jangan sampai PCB tergores sehingga ada jalur yang putus.

  3. Baterai Ngedrop

    Penyebab

    • Proses pengisian baterai (charge) yang tidak teratur. Hal ini dapat menyebabkan baterai cepat menjadi anjlok (drop).

    • Penggunaan charger yang tidak asli (original). Agar tidak mudah drop, baterai harus di- charger secara teratur dengan menggunakan charger yang asli atau sesuai dengan tipe hp tersebut.

    • Proses charge yang terlalu berlebihan akan menyebabkan kondisi fisik baterai cepat ngedrop. Sebaiknya baterai di-charge 2-3 jam. Charge yang berlebihan juga dapat menyebabkan baterai mengembung dan rusak sehingga tidak baik untuk digunakan lagi.

    • Baterai mengalami korosi akibat terkena cairan.

    Solusi

    • Gunakan multitester untuk mengecek arus baterai. Arus baterai ada di titik 0 menandakan arus baterai kosong, sehingga tidak dapat menghidupkan ponsel. Arus baterai pada multitester harus menunjukkan angka 4,2 volt DCV sebagai pertanda adanya arus.

    • Bila arus baterai dalam keadaan kosong, kita dapat mengangkat arus tersebut dengan menggunakan desktop multi ataupower supply.

    • Lakukan proses charge seperti biasa. Hidupkan hp. Jika cara ini masih belum berhasil, berarti baterai tersebut memang sudah rusak dan harus diganti.

    Catatan
            Cara paling mudah mengatasi baterai drop adalah menggantinya dengan membeli baterai baru. Alternatif lain yang dapat dilakukan untuk mengatasi baterai drop adalah "suntik baterai" dengan menggunakan desktop multi. Jika menyuntik baterai dilakukan dengan menggunakan power supply, lakukan langkah-langkah berikut ini:

    • Siapkan power supply (adaptor) sebagai sumber tegangan sekaligus untuk mengetahui besar arus pada baterai.

    • Perhatikan jarum indikator, tedapat huruf A dab V. Huruf A menunjukkan besarnya arus, huruf V menunjukkan besarnya tegangan.

    • Kalibrasikan sebesar 3,6 volt. Caranya, putar panel ke arah kanan sehingga jarum indikator pada boks V bergerak ke arah 3,6 volt. Setelah mencapai kalibrasi, matikan kembali power.

    • Hubungkan baterai ke power supply. Perlu diperhatikan ketika menghubungkan kutub positif (kabel merah) pada plat positif baterai dan kutub negatif (kabel hitam), power supply harus dalam keadaan mati untuk menghindari terjadinya kejutan tegangan.

    • Setelah terselubung, kita masuki tahapan penyuntikan. Hidupkan power supply (lampu indikator warna kuning).

    • Kalibrasikan kembali besarnya arus baterai (putar panel di power supply) hingga lampu berubah menjadi warna merah. Lampu merah merupakan batas kemampuan baterai tersebut. Caranya, putar panel tersebut kearah kanan, namun jangan sampai lampu indikator berubah menjadi merah. Bila telah dicapai pengalibrasian, proses penyuntikan telah berlangsung. Proses ini memakan waktu 1-2 jam.

  4. Suara Ringtone Rusak

    Penyebab
    Terlalu sering men-download nada ringtone melebihi kapasitas memori hp. Kondisi ini mengakibatkan hp sering hang atau not accepted.
    Korosi pada buzzer disebabkan oleh kontaminasi cairan, sehingga arus yang masuk menjadi terhambat dan buzzer menjadi lambat. Pada hp jenis Nokia, kerusakan ringtone diakibatkan oleh rusaknya IC COBBA, yakni IC audio khusus Nokia dengan nama COBBA. IC audio ini mengatur arus masuk pada buzzer.
    Jika suara ringtone bisu penyebabnya adalah buzzer mati. Buzzer mati biasanya akibat hp terkena panas, tersiram cairan sehingga korsleting , atau ada jalur pada PCB yang putus akibat hp terjatuh.
    Pemerikasaan
            Cukup dilakukan dengan mendengarkannya
    Solusi

    • Perbaikan dilakukan dengan cara flashing sesuai dengan data dan versi yang sama. Flashing dilakukan akibat hp hangkarena men-download nada ringtone melebihi kapasitas memori yang tersedia. Flashing akan membuang sebagian filedownload yang masuk pada memori hp.

    Catatan

    Apabila hp menerima panggilan tetapi tidak terdengar nada dering padahal hp dalam setingan yang benar, berarti buzzer bermasalah. Kondisi ini disebut "buzzer no active". Untuk itu lakukan hal-hal berikut :
    Cek dengan multitester
    Jika buzzer hidup ditandai dengan bunyi, sedangkan bila tidak berbunyi berarti buzzer rusak dan harus diganti.
    Periksa jalurnya jika buzzer hidup tetapi ringtone tidak bunyi.
    Bila buzzer tidak rusak dan jalurnya bagus, coba lakukan reset ke setingan awal.

  5. Hang

    Hang pada Keypad
    Hang pada keypad adalah kondisi keypad tidak aktif sehingga hp tidak dapat digunakan sebagaimana mestinya.

    Penyebab
    Putusnya jalur hubungan antara keypad dengan CPU akibat ada gangguan. Gangguan ini bisa disebabkan oleh masuknya partikel-partikel asing seperti debu atau air sehingga menghambat jalur dan putus.
    Terjadi hubungan singkat pada jalur yang menghubungkan CPU ke keypad. Ini bisa disebabkan oleh hp yang jatuh sehingga timah solderan lepas. Menempelnya potongan timah pada jalur (CPU – keypad) dapat mengakibatkan korsleting. Jika dibiarkan, jalur akan terganggu sehingga aliran data menjadi kacau dan hp benar-benar mengalami hang bukan pada keypadnya saja melainkan keseluruhan.

    Pencegahan
    Perawatan dan perhatian khusus pada hp dapat mencegah keypad hang. Perawatan yang dimaksud antara lain rajin membersihkan hp, baik pada bagian dalam maupun bagian luar agar terbebas dari risiko  masuknya debu, air, atau partikel-partikel lain yang dapat merusak.
    Penambahan pengamanan dengan memasangkan sarung khusus hp.
    Meletakkan hp pada suhu kamar (tidak terlalu panas atau dingin).

    Solusi
    Keypad yang hang masih bisa dimatikan dengan menekan tombol power on/of.
    Jalur yang putus dapat disambung kembali dengan men-jumper-nya, yakni menyambung arus yang terputus dari satu kaki komponen ke kaki komponen lain. Men-jumper tidak mudah, karena kita harus tahu terlebih dahulu arah jalur dan jalur mana yang putus.
    Untuk mencegah terjadinya korsleting akibat timah menempel pada jalur, bersihkan papan PCB dengan menggunakan cairan IPA.

    Hang Total
    Hang total yakni hp mengalami hang secara keseluruhan, sehingga tidak dapat digunakan.

    Penyebab

    • Salah memasukkan data pada hp sehingga tidak sesuai dengan versi dan memori yang tersedia. Kesalahan dalam mengaplikasikan hardware dan software juga menjadi penyebab hang pada hp. Masalah yang berhubungan dengan hardware di antaranya hp sering terjatuh sehingga kinerja CPU menjadi terganggu, sedangkan masalah pada software bisa disebabkan software yang cacat.

    • Pemakaian memori hp yang berlebih atau tidak sesuai dengan kapasitas sehingga memori hp tidak mempunyai ruang untuk melaksanakan perintah dari si pengguna (user).


    Solusi

    • Lakukan flashing dan kembalikan data pada versi semula.

    • Pada saat hp hang, cukup copot baterainya saja kemudian pasang kembali.

    • Jika masih hang, coba lakukan setingan ulang pada hp, tetapi untuk melakukannya kita harus mengetahui security code-nya terlebih dahulu. Jika tidak tahu atau lupa, tanyakan saja ke tempat kita membeli hp atau pada service center hp tersebut. Sebagai contoh, security code pada hp jenis Nokia adalah (1234) dan pada hp jenis Sony Ericsson adalah (0000).

    • Solusi lain, lakukan up grade pada hp. Jika anda tidak dapat melakukannya sendiri, cobalah bawa ke service center atau tukang servis hp.

    • Jika langkah-langkah di atas masi belum mumpuni, dapat dipastikan masalah ada pada CPU. CPU yang bermasalah hampir tidak mungkin untuk diatasi. Jika ponsel kita masih bergaransi, lebih baik serahkan saja langsung pada service centre resmi tanpa dikenakan biaya sepersen pun.


    Tips Menghindari Hang

    • Hindari hp dari benturan keras.

    • Usahakan memencet keypad tidak terlalu keras atau cepat, khususnya ketika mengetikkan SMS. Ini untuk memudahkan memori hp mengirim perintah ke CPU. Memencet keypad secara proporsional juga akan memudahkan CPU merespon perintah yang diberikan.

    • Sesuaikan pemakaian memori pada hp Anda dengan kapasitas yang tersedia.

  6. Mati Total

    Penyebab
    Hp sering terjatuh atau terkena cairan. Hp yang jatuh berisiko mengalami kerusakan hardware, khususnya CPU. Jika CPU rusak, akan sangat sulit diperbaiki. Pasalnya CPU merupakan tempat pemrosesan dan penyimpan data ke memori.
    Hp matot juga dapat disebabkan oleh kerusakan software.

    Solusi
    Jika hp terkena cairan, cepat lepaskan baterai agar tidak terjadi korsleting menyeluruh.
    Cek, apakah ada arus atau tidak. Jika tidak ada, lakukan pengecekan pada bagian komponen hardware lainnya.
    Gunakan multitester. Jika pada hp ada arus, coba lakukan flashing.

  7. HP Kena Cairan
    Ponsel yang terkena cairan akan mengalami korosi, bahkan bisa mati total. Ciri-ciri hp yang terkena cairan diantaranya tampak bercak-bercak putih pada papan PCB secara keseluruhan.
    Penyebab
    Terkena cairan apa pun kecuali cairan IPA yang biasa digunakan untuk membersihkan komponen hp.

    Solusi

    • Jika hp kemasukan cairan, segera lepaskan baterai agar tidak terjadi korsleting menyeluruh.

    • Buka baut dengan menggunakan obeng khusus hp, lepaskan LCD. Pada hp jenis tertentu, seperti Motorola dan Samsung, LCD dan PCB dibuat menempel sehingga membutuhkan solder untuk membukanya. Selesai penyolderan, bersihkan sisa timah dengan cairan IPA.

    • Keringkan dengan menggunakan bot air cukup dengan memanfaatkan udara hangatnya saja. Jika tidak ada, kering anginkan dalam suhu kamar hingga PCB kembali kering.

    • Cek arus pada PCB dan baterai dengan menggunakan multitester. Jika arus normal lanjutkan dengan mencoba menghidupkan hp.


  8. Rusak pada IC Power Supply ( IC/PS )

    Penyebab
    Hp terlalu panas, terkena cairan, atau mengalami benturan keras.

    Solusi
    Ganti IC power supply dengan yang baru.

  9. Rusak pada IC Power Amplyfier ( IC/PA )
    Kerusakan IC Power Amplifier (IC PA) akan menyebabkan hp mati total karena arus tidak mengalir ke komponen-komponen lain. Selain itu, hp akan searching terus-menerus karena berusaha mencari dan tidak dapat mengunci jaringan operator Base Transceiver Station (BTS).
    Baterai hp menjadi boros karena komponen-komponen IC PA menggunakan daya yang lebih besar. Kondisi ini biasanya terjadi pada daerah yang sinyalnya kurang baik. Ini disebabkan komponen IC PA sudah tidak normal, sehingga arus yang dihasilkan kurang baik.

    Penyebab
    Hp terlalu panas, terkena cairan, atau mengalami benturan keras.

    Solusi
    Ganti IC PA dengan yang baru.

  10. Rusak pada IC/RF

    Penyebab
    Hp terlalu panas, terkena cairan, atau mengalami benturan keras.
    Korsleting
    IC PA sudah lemah

    Pemeriksaan
    Lakukan pemanggilan ke operator hp. Jika hp searching terus, artinya sinyal mental dan tidak dapat mengunci jaringan operator. Atau bisa juga sinyal selalu memanggil balik ke kondisi "no connected", sehingga tidak dapat mengunci panggilan. Jika demikian kondisinya, kemungkinan besar IC RF/IF rusak.

    Solusi
    Jika IC RF memang benar-benar rusak, ganti dengan yang baru.

  11. Terkena Benturan ( Cintact Service )
    Istilah contact service sering ditemukan pada hp-hp Nokia dan menyebabkan hp menjadi trouble shooting.

    Penyebab
    Hp terjatuh dan mengalami benturan yang keras. Atau bisa juga terkena cairan. Kondisi ini juga mengakibatkan kerusakan pada komponen hardware dan software.
    Pemeriksaan

    • Cek bagian konektor atau langsung ke PCB. Jika ada arus, tes dengan cara flashing. Jika tidak ada arus, cek komponen IC power, IC IF, dan IC RF. Pengecekan ini dilakukan untuk mengetahui apakah sistem penerimaan dan pemancar sinyal hp masih berjalan dengan baik.

    • Perhatikan kondisi PCB, apakah masih lurus, retak, atau sudah patah. PCB yang retak atau tidak lurus lagi dapat mengakibatkan jalur-jalur yang berhubungan dengan IC putus, sehingga mengakibatkan putusnya hubungan arus dari satu komponen ke komponen lain.

    Solusi

    Kerusakan pada software
    Untuk memperbaiki kerusakan pada bagian software tentu tidak begitu rumit, karena kita tidak perlu membuka bagian dalam hp tersebut. Proses perbaikan dilakukan dengan cara me-reflash (flashing ulang) menggunakan bantuan computer. Proses ini dilakukan untuk memasukkan kembali data baru ke dalam program hp.
    Gunakan software yang sesuai dengan tipe hp Anda. Ada beberapa jenis software yang biasa digunakan untukflashing. Misalnya, Nokia menggunakan software Griffin dan Prodigy, sedangkan Sony Ericsson menggunakan softwareSony Ericsson Fighter.
    Agar lebih aman, flashing hendaknya dilakukan oleh service centre resmi atau ahli servis hp. Jika kita ingin mencoba melakukan flashing sendiri, hendaknya dipandu oleh orang yang memang ahli dan telah berpengalaman melakukan proses ini. Pasalnya proses ini sangat berisiko. Berikut ini hal-hal yang harus dilakukan :

    • Persiapkan alat-alat yang diperlukan sesuai dengan hp yang akan di up grade.

    • Koneksikan kabel ke PC dan ke hp, ingat hp harus dalam keadaan mati, sim card, dan baterai harus dicabut.

    • Buka program flasher untuk seri hp tertentu pada komputer.

    • Pilih versi firmware yang diinginkan.

    • Lakukan proses flashing. Yang penting dilakukan saat melakukan flashing adalah komputer tidak membuka atau menjalankan program aplikasi lain sehingga proses flashing tidak terganggu. Setelah selesai, akan muncul pesan pada PC Anda kemudian lepas kabel koneksi.

    • Pasang kembali baterai dan sim card.

    • Restart hp Anda.

    Kerusakan pada hardware
    Biasanya terjadi pada komponen IC audio dan IC power supply. Kemungkinan paling besar terjadi pada komponen IC audio. Tapi komponen ini akan bekerja jika mendapat tegangan dari IC PS. Jika komponen IC PS rusak, komponen lain termasuk IC audio juga tidak akan berfungsi. Seperti diketahui, komponen IC audio berfungsi memperbesar gelombang suara agar dapat terdengar dengan jelas.
    IC audio juga berfungsi sebagai pengubah getaran dari digital ke analog atau sebaliknya. Kerusakan pada komponen ini menyebabkan suara menjadi kecil dan contact service.
    Langkah perbaikan, ganti komponen dengan yang baru. Sebelum mengganti komponen, sebaiknya coba panaskan terlebih dahulu komponen yang rusak dengan solder uap (hot air). Langkah ini dilakukan untuk mengecek apakah kaki-kaki pada IC menempel dengan baik. Jika masih baik tentunya kita tidak perlu mengganti komponen ini dengan yang baru.
    Jika komponen telah diganti tetapi hp tetap tidak kembali normal, lanjutkan kembali dengan mengganti komponen pada IC PS. Fungsi komponen IC PS adalah sebagai pengatur tegangan dari baterai ke seluruh rangkaian komponen

  12. Kerusakan pada Mikrofon ( No Voice )

    Kerusakan pada Mikrofon

    Penyebab
    Jalur atau rangkaian mikrofon atau speaker rusak, bisa akibat benturan, jatuh, atau terkena cairan.
                    Pemeriksaan kerusakan pada mikrofon
    Tes dengan cara menelepon ke beberapa orang. Jika semuanya ternyata tidak dapat mendengar suara dari ponsel milik kita, kemungkinan besar terjadi kerusakan pada jalur mikrofon (no voice).
    Perlu diketahui, pengecekan kerusakan pada mikrofon tidak dapat dilakukan dengan menggunakan multitester. Selain tidak terdeteksi, penggunaan multitester malah akan memperburuk kondisi bagian tersebut.

    Solusi

    • Ganti bagian mic-nya.

    •  Jika mic sudah diganti tetapi ponsel masih dalam keadaan semula, coba cek beberapa komponen dan jalur-jalurnya.

    • Periksa jalur mikrofon, jalur ini menghubungkan komponen resistor, transmit, dan IC audio. Untuk mengetahui apakah jalur ini bermasalah gunakan multitester. Jika jarum multitester bergerak, berarti jalur tersebut masih berfungsi. Sebaliknya, jika jalur tersebut telah putus, perbaiki dengan men-jumper agar jalur tersambung kembali.

    • Jika jalur sudah dalam kondisi baik tetapi hp tetap seperti kondisi semula, cobalah cek IC audio. Jika IC audio rusak, segera ganti dengan yang baru.


    Kerusakan pada Speaker
    Untuk mengetahui kerusakan pada speaker, cobalah minta kepada teman untuk menelepon hp kita. Jika suara lawan bicara tidak terdengar, kemungkinan besar speaker ponsel kita mengalami kerusakan.

    Penyebab
    Jalur audio terputus. Bias akibat benturan, jatuh, atau terkena cairan.

    Pemeriksaan

    • Periksa speaker dengan menggunakan multitester. Saat memeriksa tidak menjadi masalah jika letak kutub-kutub multitester tertukar.  Jika kondisi speaker masih dalam keadaan baik, jarum multitester akan bergerak dan akan terdengar suara pada speaker. Tetapi jika suara tidak terdengar, lakukan tes jalur audio dengan multitester.

      Solusi

    • Bila jarum multitester bergerak bisa dipastikan kondisi jalur masih bagus.

    • Jika tidak bergerak, kemungkinan jalur terputus. Untuk mengatasinya lakukan penyambungan jalur (jumper).

    • Bila jalur dalam kondisi baik tetapi hp masih belum berfungsi, gantilah IC audionya. Kerusakan kasus ini terjadi karena putusnya kaki IC atau terjadi hubungan singkat pada kaki IC. Untuk mengatasinya, lakukan penyolderan ulang.
      Namun langkah ini berisiko sangat besar karena akan mengakibatkan hp mati.